MENGENAL HUSEIN AIDID

November 29, 2008

Husein Aidid


Husein aidid lahir di Jakarta tahun 1913, mempunyai seorang istri dan 6 orang anak, 3 putera dan 3 puteri. Pendidikan lulusan Sekolah Kampong Djawa-Batavia Centrum, jurusan Metaalbewerking.

Musik adalah bagian yang tidak terpisahkan dari kehidupannya yang sejak muda sudah bergelut dengan dunia musik, sehingga ia belajar musik dengan M.SARDI (ayah dari Idris Sardi pemain biola yang tak asing lagi).
Alat musik yang biasa dimainkan adalah piano dan biola. Dengan piano yang dimilikinya ia dapat menciptakan dan meng-arasemen lagu kemudian dituangkan dalam buku musik dengan tulisan not balok yang tersusun rapih dan syairnya diketik dalam buku khusus.

Lagu beserta syair yang diciptakan dari tahun 1950 sampai tahun 1962 sebanyak 219  lagu dengan bermacam-macam irama, yaitu : Chalta, Joget, Asli (Langgam Melayu), Masri, Gambus, Bolero, Cha Cha Cha, Rhumba, Mambo, Calypso, Waltz, Tango dan Samba. Belum termasuk lagu-lagu Gubahan, yaitu lagu-lagu dari Film India yang digubah syairnya dengan bahasa Indonesia diperkirakan sebanyak 23 lagu.

Lagu-lagunya banyak direkam oleh perusahaan piringan hitam diantaranya Serimpi, Irama, Remaco, Bali Record, Gembira Record, kala itu masih berupa plaat ( piringan hitam ), belum muncul kaset apalagi CD dan VCD.

Lagu-lagunya yang pernah difilmkan :

  • ” MENGENANG KASIH ” yang lebih dikenal oleh masyarakat PILU, dalam Film ” Hari Libur ” produksi Anom Pictures tahun 1958, dibintangi oleh Bing Slamet, Henny Temple, Rd.Ismail, dll. Sutradara A.W. Uzhara.
  • ” BERSUKA RIA ” dalam film ” Kunang Kunang ” produksi Anom Pictures tahun 1957 dibintangi oleh Sofia Waldy, Aminah Banowaty, Nany Widya, M.S.Derita dll. Sutradara Wim Umboh.
  • ” KESAWAH ” dalam film ” Sendja Indah ” produksi Persari Film tahun 1957 dibintangi oleh Ermina Zaenah, Osman Gumanti, Darussalam, Wahid Chan dll. Sutradara Rempo Urip.

Awal mulai terjun di dunia Musik yaitu pada tahun 1947 mendirikan orkes Gambus Al-Usysyaaq kemudian pada tahun 1950 mengubah dari orkes gambus menjadi orkes Melayu yang dinamakan:

Orkes Melayu Kenangan

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: